Mengirim Sms Gratis dan Tak Terbatas dengan Twitter


Peringatan: Saya menulis berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman yang pernah mencoba bersama saya (dan memang terbukti gratis). Kalau ternyata dalam kasus Anda pulsa Anda berkurang atau ada hal-hal merugikan, saya tidak tanggung jawab! Resiko ditanggung sendiri!

Yup, Anda tidak salah dengar. Anda bisa mengirim SMS lewat Twitter, gratis, jumlah pengiriman tidak dibatasi, dan SMS biasanya langsung terkirim pada tujuan tanpa ada delay. Kedengarannya sangat menarik, tapi tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipenuhi (tidak susah, kok!)

Pertama-tama, sedikit info tentang apa itu Twitter. Sebenarnya, Twitter bukanlah penyedia layanan SMS gratis di internet. Kata Wikipedia, Twitter adalah “..a social networking and micro-blogging service that allows users to send “updates” (text-based posts, up to 140 characters long) via SMS, instant messaging, the Twitter website, or an application such as Twitterrific.”

Singkatnya, Twitter adalah layanan di mana kita dapat mengirimkan update tentang diri kita sekarang (sedang di mana, mengerjakan apa, dsb), dan update ini nanti bisa langsung dilihat oleh teman-teman kita di Twitter. Nah, salah satu kelebihan dari Twitter ini adalah update tadi dapat pula dikirimkan lewat SMS. Fitur inilah yang dapat kita manfaatkan untuk mengirim SMS gratis.

Berikut syarat yang harus dipenuhi:

  1. Untuk bisa mengirim SMS gratis, anda harus punya nomor HP dulu. Ini diperlukan untuk proses registrasi HP di Twitter. Dari eksperimen, baru Anda dengan provider Indosat yang bisa memanfaatkan fitur ini. Telkomsel dan XL masih belum bisa. Provider lain masih belum dicoba (ada yang ingin membantu mencoba?) Untuk teman-teman pemakai selain Indosat, mohon maaf kalau perjalanan kita harus terhenti di sini.
  2. Pertama-tama, daftarkan akun Twitter anda sendiri di sini, gratis.
  3. Selanjutnya, teman yang ingin dikirimi SMS juga harus sudah terdaftar di Twitter.
  4. Anda dan teman tadi perlu membuat hubungan “Friend” di Twitter. Yah, mirip-mirip di Frienster lah. Cara paling mudah, buka halaman: http://twitter.com/idTeman di browser Anda, di mana anda harus mengganti “idTeman” dengan nama id Twitter teman Anda. Halaman profil Twitter milik teman Anda akan terbuka. Di bagian kanan akan ada kolom Action, di mana akan ada pilihan “Add idTeman”. Klik di situ untuk membuat hubungan “Friend”.
  5. Teman Anda mungkin perlu melakukan proses persetujuan seperti di Friendster. Saya agak lupa bagaimana prosesnya, tetapi yang jelas tidak terlalu rumit.
  6. Berikutnya Anda perlu mengaktifkan akun Twitter anda lewat SMS. Caranya, login ke dalam akun Twitter Anda, lalu buka halaman ini (http://twitter.com/devices). Di bagian “mobile phone”, isikan no. HP. Klik tombol konfirmasi, dan Anda akan menerima SMS dari Twitter berisi kode konfirmasi. Kirimkan balik kode ini ke nomor yang diminta oleh Twitter.(perhatian: untuk pengiriman ini Anda harus bayar–tarif SMS international seingat saya sekitar 500 rupiah). Setelah proses selesai, nomor HP Anda sudah aktif di Twitter. (PS: mungkin ada bagian yang kurang tepat dari langkah ini. Saya agak lupa dengan prosesnya, namun tidak terlalu rumit juga, kok, seharusnya).
  7. Pastikan teman Anda melakukan langkah no.5 di atas juga.
  8. Kalau Anda sudah sampai di poin ini, berarti Anda sudah memenuhi semua persyaratan!
  9. Nah, sekarang bagaimana caranya mengirim SMS gratis?

    Buka halaman profil Anda. Di sisi kanan, akan ada pilihan “Direct Message”. Klik di situ dan Anda akan diberi sebuah form di mana Anda dapat memilih teman mana yang ingin dikirim SMS. Tinggal ketikkan pesan yang diinginkan, dan Send! Pesan akan langsung terkirim ke teman Anda, gratis.

    Bonus tips: Ingin mengirim satu SMS ke semua teman Anda sekaligus? Langsung saja ketikkan pesan di halaman utama profil Anda. Update ini akan langsung dikirimkan ke semua yang terdaftar sebagai teman Anda. Cocok untuk mengirimkan undangan atau yang sebangsanya.

    Peringatan: Saya sudah baca TOS dari Twitter, dan sepertinya praktek ini tidak melanggar aturan Twitter, walaupun saya sendiri tidak terlalu yakin. Sekali lagi, resiko ditanggung sendiri yah!

    Update: Kalau postingan saya terlalu panjang, mungkin bisa coba panduan yang lebih singkat ini.

    Update #2: Per 1 Mei 2007, SMS service dari Twitter masih down, bisa dibaca di blog Twitter dengan tanggal 27 April 2007:

    Update: To clarify, we’re getting a new access number for Australia—as soon as we get the number, sms service will be back in action. We’re working on it right now and it’s a high priority.

    Jadi, untuk sementara tampaknya servis sms gratis masih tidak jalan (sudah saya coba juga). Tetap kunjungi halaman ini untuk mendapat update berikutnya.

    Update #3: Hari ini, 2 Mei 2007, SMS service dari Twitter sudah jalan lagi (dan sudah dites).

Tentang chomliki

Aku adalah manusia yang bernafas demi meneruskan sisa kehidupan dan hanya menunggu saat-saat kematian. Hidupku adalah akar yang menjalar, menjelajah kesegenap tujuan, walau payah walau susah walau yang datang hanyalah setitis air jernih yang bakal menyinari hidup yang hanya sebentar ini Aku adalah insan yang punya hati dan perasaan. Aku ingin berkasih seperti insan lain yang berkasih. Hatiku ini sering menangis karena skenario hidupku di dunia yang penuh dgn fatamorgana. Aku seperti jiwa yg hilang berdiri diantara pilar keterasingan lupa diri akan kenistaan bimbing dan ampuni aku Robb Aku tidak mengetahui kebenaran mutlak. Tetapi aku menyadari kebodohanku itu, dan di situlah terletak kehormatan dan pahalaku. Berusahalah dengan ikhlas tanpa memikirkan balasan semata-mata, kerana semakin tinggi keikhlasan di dalam diri, semakin tinggilah balasan baik yang akan diperolehi dalam keadaan sadar atau tidak Hidup ibarat matematika yaitu tambah, kurang, kali dan bagi. amalan yang baik hendaklah ditambahkan, segala perbuatan yang buruk dan dimurkai oleh Allah hendaklah ditolak atau dijauhkan, pahala amalan hendaklah digandakan dan masa yang ada hendaklah dibagikan dengan sempurna agar kita tidak tergolong dlm golongan mereka yang rugi hidup di dunia & akhirat. Renung fikiranmu, ia menjadi kata-kata; Renung kata-katamu, ia menjadi perbuatan; Renung perbuatanmu, ia menjadi amalan; Renung amalanmu, ia adalah sifat dirimu.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s